1. Check-in dorm
Buka website OIA mengenai form mahasiswa
baru. Isi form tersebut dengan benar, klik submit, lalu print lembar tersebut.
Siapkan juga fotokopi Student ID (depan+belakang), fotokopi ARC
(depan+belakang), fotokopi paspor, fotokopi cover buku tabungan. Kumpulkan semua
dokumen tersebut ke OIA. Selesai sudah semua administrasi NTUST.
Begitu sampai di NTUST, usahakan langsung
masuk ke Dorm Management Center di Dorm 3. Di sana akan ada registrasi masuk
dorm. Kita perlu bayar uang deposit dorm sebesar NTD 200 untuk jaminan saja.
Nanti kalau sudah lulus, kembalikan kunci+kartu dorm dan uang NTD 200 itu akan
dikembalikan ke kita. Hari selanjutnya setelah masuk dorm, urus administrasi
dorm ke Student Affair di Gedung S, menemui Mr. Deng. Di sana kita akan diberi
kertas yang berisikan nomor kamar + peraturan dorm. Kertas tersebut harus kita
bawa ke Cashier (Gedung AD – Administration Building) untuk bayar uang dorm
semester 1. Simpan kuitansinya.
2. Check-in dokumen administrasi
Sebelum teman-teman datang ke sini,
pastikan sudah membawa semua dokumen yang diminta [ijazah asli bhs Inggris,
transkrip asli bhs Inggris, copy ijazah bhs Inggris yang dilegalisir (asli+copy),
copy transkrip bhs Inggris yang dilegalisir (asli+copy), fotokopi paspor, foto
2”x2”, asuransi (beli di OIA NTUST atau bawa dari Indo)].
Tambahan: Teman2 yang membawa asuransi dari Indonesia (Bumiputera dll) harus pastikan asuransi tersebut memenuhi syarat dari NTUST yaitu asuransi kesehatan (health) dan kecelakaan (accident). Pengalaman dari anak Spring 2014 ada yang ditolak asuransinya, karena tidak ada keterangan jelas untuk asuransi accident-nya. Saran saya mending beli asuransi di OIA NTD 3.000. Keuntungannya adalah teman2 tidak perlu ribet legalisir asuransi tsb, juga kalau ada apa2 (darurat butuh ke dokter) disini bisa segera diklaimkan. Kalau teman2 bawa asuransi dari Indonesia, proses klaimnya ribet.
Pada saat hari registrasi, teman-teman harus sudah menyiapkan dokumen tersebut di dalam satu map supaya ga bingung. Registrasi membutuhkan waktu 1 jam. Pertama, pergi ke Graduate Studies untuk mendapatkan form registrasi dan form pembayaran. Kedua form tersebut harus diberi stempel dari masing2 administrasi yang diminta. Simpan semua kuitansi yang kita terima. Yang harus kita bayar adalah Student Insurance Fee (NTD 220). Kedua, secara garis besar kita harus pergi ke OIA (IB Building), Department (tergantung TU jurusannya ada di gedung mana), Student Affair (S Building), Health Service Division (S Building), Dorm Management Center (Dorm 3), Cashier (AD Building), dan terakhir ke Graduate Studies lagi (AD Building). Dari Graduate Studies, kita akan diberi alamat email dan password yang bisa kita pakai untuk internet-an. Selain itu, kita akan diberi sertifikat pernyataan bahwa kita adalah mahasiswa NTUST. Fotokopilah sertifikat tersebut untuk pengurusan ARC.
Tambahan: Teman2 yang membawa asuransi dari Indonesia (Bumiputera dll) harus pastikan asuransi tersebut memenuhi syarat dari NTUST yaitu asuransi kesehatan (health) dan kecelakaan (accident). Pengalaman dari anak Spring 2014 ada yang ditolak asuransinya, karena tidak ada keterangan jelas untuk asuransi accident-nya. Saran saya mending beli asuransi di OIA NTD 3.000. Keuntungannya adalah teman2 tidak perlu ribet legalisir asuransi tsb, juga kalau ada apa2 (darurat butuh ke dokter) disini bisa segera diklaimkan. Kalau teman2 bawa asuransi dari Indonesia, proses klaimnya ribet.
Pada saat hari registrasi, teman-teman harus sudah menyiapkan dokumen tersebut di dalam satu map supaya ga bingung. Registrasi membutuhkan waktu 1 jam. Pertama, pergi ke Graduate Studies untuk mendapatkan form registrasi dan form pembayaran. Kedua form tersebut harus diberi stempel dari masing2 administrasi yang diminta. Simpan semua kuitansi yang kita terima. Yang harus kita bayar adalah Student Insurance Fee (NTD 220). Kedua, secara garis besar kita harus pergi ke OIA (IB Building), Department (tergantung TU jurusannya ada di gedung mana), Student Affair (S Building), Health Service Division (S Building), Dorm Management Center (Dorm 3), Cashier (AD Building), dan terakhir ke Graduate Studies lagi (AD Building). Dari Graduate Studies, kita akan diberi alamat email dan password yang bisa kita pakai untuk internet-an. Selain itu, kita akan diberi sertifikat pernyataan bahwa kita adalah mahasiswa NTUST. Fotokopilah sertifikat tersebut untuk pengurusan ARC.
3. Apply ARC + buat stempel nama
Yang perlu dibawa adalah form ARC, paspor
asli + fotokopinya, visa + fotokopinya, sertifikat pernyataan dari Graduate
Studies + fotokopinya, foto 3.5 cm x 4.5 cm (wajah harus 80% terlihat). Pengurusan ARC per tahun NTD 1.000. Pergi ke
National Immigration Agency, turun di MRT Xiaonanmen. Dalam form ARC, tertulis
Chinese Name dan English Name. Kalau kita punya Chinese Name, lebih baik kita
buat stempel nama dengan Chinese Name tersebut, karena lebih murah (NTD 50).
Kalau tidak punya Chinese Name, kita bisa membuat Chinese Name sendiri / tetap
pakai nama Indonesia untuk stempel nama, tapi lebih mahal (NTD 140).
4. Ikut Health Examination
Jadwal Health Examination sudah ditentukan
oleh Health Service Division. Yang perlu dibawa adalah uang NTD 550 dan foto
3.5 cm x 4.5 cm. Health Examination kira-kira 30-60 menit, meliputi pengecekan
tinggi badan, berat badan, telinga, gigi, mata, jantung, urine, darah, X-ray
paru-paru. Sebelum Health Examination, kita harus puasa makan dan minum 1 jam.
5. Ambil Student ID
Setelah kita sudah mengambil ARC, buka
website Student Information System NTUST, isi ‘Personal Information’ dengan
benar, dan print form tersebut. Lalu pergi ke Graduate Studies untuk
mengumpulkan form, fotokopi ARC, foto 1”x2”, fotokopi paspor. Student ID kita
sudah bisa diambil.
6. Buat rekening bank di kantor pos
Pergi ke kantor pos dekat Family Mart
(sebelah gedung S). Siapkan form pembukaan tabungan, stempel nama, ARC, Student
ID, paspor. Siapkan juga uang setoran pertama kali (minimal NTD 100). Buku
tabungan akan diberikan hari itu juga, sedangkan ATM bisa diambil setelah 4
hari kerja.
7. Kumpulkan form ke OIA
Kalau ada perbedaan untuk semester selanjutnya, mohon diberi comment supaya bisa saya update. Terima kasih. Semoga membantu.
No comments:
Post a Comment