Thursday, January 14, 2010

My lovely rubics

Hai. Akhir-akhir ini aku lagi suka main rubics. Masih yang paling dasar 3x3x3. Tapi lagi bete juga ama mainan satu ini. Kok aku ga ngerti-ngerti cara berpikirnya itu lo, heran.. Aku tahu untuk menyelesaikan rubics ini ada algoritmanya, tapi aku ga paham sama sekali dapet inspirasi dari mana itu algoritmanya.

Ini ada link algoritma cepatnya untuk bisa menyelesaikan rubics 3x3x3.
klik disini


Sebelum ini aku selalu lihat algoritmanya waktu kerja rubics dan memang gampang, langsung jadi deh. Tapi aku pingin bisa ngerti cara berpikirnya, aku coba-coba kerja tanpa lihat algoritmanya. AAAAA, ga bisa jadi utuh, bikin orang bete.

Usaha terakhirku menyelesaikan rubics ini tanpa lihat algoritmanya:



layer bawah sudah oke, layer tengah juga oke, tinggal layer atas itu lho, ampun dah.. masih ada 4 kotak yang posisinya belum benar. Masih belum kepikiran menyelesaikan 4 kotak ini pakai logika apa lagi. Sama sekali ga ada bayangan harus diapakan. Help help. Ajari aku pakai logika yang gampang plis, siapa aja. Kokoku mau sidang akhir, jadi aku ga bisa tanya-tanya dia dulu. Aduh liburan tambah bete gara-gara rubics ini.

4 comments:

Rhesa said...

km pk leyan's alogrithm ae Cis.. http://www.stanford.edu/~leyanlo/Beginner_Solution_files/beginner.pdf
g ush speed dl. xg penting mari tow..
diselesaikno layer pertama n kdua dl. xg ktiga acak2an gpp.. klebihane xg leyan, rumuse dikit pol. cm ngulang2 polae.. tu algo xg plg logis mnrtq ^^
untuk last layer emg ada rumuse. tp ne xg first n second, logika biasa isa. mslhe xg layer 1 n 2 spy brsamaan ada kuncie.. g isa t jlzno pk notasi, xoale q ngafalno gerakane. ky kejar mengejar. ato nti t rekam, trz t kirimno ae y ^^

o y, penyelesaian perlayer ni jg plg sederhana. tp km dh hebat pk logic ae isa smp segt ^^

keep trying!

it isn't as hard as you think!!

Rhesa said...

lnjtne, bongkar lg final layer y.. xg penting first layer (layer orange) msti lengkap, mrgt layer bwhe (ijo-biru-merah-kuning ~ spertigae msti jd). jd xg acak tinggal last e ae..

jangan takut salah n bongkar sgala usaha u.. kl rubic, khancuran hsl yg trbentuk bkn akhir sgalae, asalkan g tanding cepet2an, km psti isa sukses ^^

Sisca said...

thankyou rhes, wes isa hahaha.
sekarang waktunya 4x4x4 ama 5x5x5.

Rhesa said...

wah2.. q bantu cr deh.. pegang ae cm prnh 3x.. hahaha..
ne nyusun protolane bru isa xD