Saturday, July 10, 2010

Sambel Bajak

Dulu aku tidak suka masak, aku benci api, jadi aku ga ada niatan untuk belajar masak.

Sejak ga ada pembantu di rumahku, artinya ga ada yang masak makanan. Aku jadi pengen belajar masak supaya ga beli makanan di luar terus tiap hari. Ditambah lagi, beberapa hari yang lalu emakku ngirim masakan ke rumahku. Waktu itu emak ngasih sop, ayam, empal, dan SAMBEL BAJAK. Gilanya sambel ini, luar biasa enak, ga pernah aku makan sambel seenak ini. Sambelnya Bu Kris ga ada apa-apanya. Hahaha

Aku mulai pengen belajar masak. Aku minta emakku ngajari tapi ga bisa. Akhirnya minta tolong engkimku yang ngajari. Sudah 2 kali belajar masak. Pertemuan pertama, masak selama 5 jam, berhasil masak sop, perkedel, ayam goreng tepung, tahu, tempe. Belum sempet bikin sambel bajak, padahal ini yang aku tunggu-tunggu. Papaku bilang masakannya enak :)

Pertemuan kedua, hari ini, masak selama 7 jam! Mamaku sampe bingung dan bertanya-tanya, ngapain aja itu di dapur, sampe 7 jam. Padahal masak normal paling cuma 2-3 jam aja. Hehe maklum masih belajar. Hari ini masak sayur bening, sambel goreng (tahu,tempe,udang,kecap manis), udang goreng tepung, cah taoge, dan akhirnya sambel bajak :)
Kapan hari udah minta resepnya dari emak, jadi aku dan engkimku tinggal nurut aja ama resepnya itu. Aku rajang bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe kecil. Jumlahnya terserah sesuai selera dan keinginan aja. Dan karena keluargaku gila sambel, engkim siapin 5 cabe merah dan 30-40an cabe kecil! Dahsyatnya.. Semua dirajang kecil-kecil, sampe mata rasanya perih banget. Tanganku perih karena kebanyakan pegang cabe. Terus semuanya diuleg bareng bumbu-bumbunya. Digoreng bentar pake terasi (sampe batuk-batuk satu rumah saking baunya) lalu diuleg lagi. Jadi deh.. Sip soro rasanya, pas dengan keinginanku. :)

Pulang di rumah mulai kerasa panasnya tanganku. Jari-jariku merah. Harusnya aku tahu ga boleh banyak2 pegang cabe kecil, karena tangannya bisa perih dan panas. Apalagi yang dirajang sebanyak itu. 1 jam masih belum hilang panas dari tanganku, aku rendam di air dingin. Enak awalnya, tapi belum sampe 5 menit udah terasa panas luar biasa lagi. Gilanya sambel ini. Aku stres kesakitan. Diolesi minyak goreng, malah tanganku kerasa terbakar. Dikasih minyak atau odol atau salep, tanganku juga malah panas soro. Direndam, kerasa dingin bentar tapi langsung terasa lebih panas daripada sebelumnya. Akhirnya tiduran sambil niup-niupin tanganku sampe nangis2 saking sakitnya. Hahahaha

Setelah ga ada kemajuan sama sekali, akhirnya aku beraniin ngerendam tanganku di air panas. Guila soro, kayak ditusuk-tusuk n dibakar hidup-hidup deh. Sakit pol2an! Untung berhasil nahan sampe 15 menit direndam dan panas dingin rasae badanku. Yang mau coba, silakan minum air panas waktu lidah kepedesan, kayak gitulah rasa sakitnya. Sekitar 5 jam kemudian akhirnya panasnya berkurang dan akhirnya hilang. Thx God! Serasa selamat dari kebakaran. Aku ga bisa bayangkan orang-orang yang mati terbakar atau yang punya luka bakar dll, sakitnya pasti luar biasa. Dan kasusku, ini semua gara-gara sambel bajak. Enak di lidah, ga enak di tangan.

6 comments:

Rhesa said...

hahaha.. km dpt ide drmn cabe vs air panas?? sounds jayuz cak..

Sisca said...

dah tau kan jawabannya? hahaha

Anonymous said...

wakaka ...
cuci sabun mari ngerajang sis ...
wakaka ...

Rhesa said...

yayaya.. tp ttp ae jayuz =p
laen x ne kpanasen, pk cara laen ae.. hehehe.. bz dcoba xg kmrn tuh..

Sisca said...

dicuci pake sabun sek panas des, kyk kebakar. hahaha

Anonymous said...

wiw, kulitmu sensitif pol yo dadakno ...
wakakakaka ...
werewolf e ngilang pas liburan ...
wakakaka ...