Friday, February 4, 2011

Civil Camp 2011 - INVINCIBLE

PERINGATAN : POST INI SANGAT PANJANG DAN MEMBOSANKAN; TIDAK DIANJURKAN UNTUK MEMBACA POST INI :)



24-26 januari 2011, SKJJ.
Koor : ko aron. anggota keamanan: yoga, andreas, jansen, tabita, nita, aku.
Barang wajib bawa : senter, HT, toa, clipboard, gunting.

Hari pertama campjur, aku harus bangun pagi sekitar jam 03.30, karena panitia harus sampai di basement T jam 5 pagi. Aku mandi dan makan sedikit, lalu berangkat ke Petra. Barang bawaanku : 1 handbag dan 1 clipboard yang aku pegang terus. Sampai di sana ternyata sudah lumayan banyak yang datang. Kita nunggu maba datang sambil mulai siap-siap untuk registrasi nanti. Aku bantu-bantu pasang tali pagar untuk batas masuknya maba. Lalu maba-maba datang sekitar jam 06.00, sedangkan batas terlambat itu 06.15, aku bertugas jaga di pintu masuk untuk merekap yang terlambat. Kasihan waktu itu ada maba cewek yang kehilangan mahkota kepleknya, entah jatuh di mana, sudah pasti dia kena rekap. Terus ada juga 2 maba yang pamit balik kos dulu, soalnya bakso dan sosis ketinggalan di kos, mereka baliknya 06.15 tepat. Untung aja. Habis mabanya kumpul semua, mereka registrasi kumpulin keplek lalu naik ke AVT untuk ikut kebaktian. Maba2 diajarin theme song sipil, lagu ciptaan ko daniel.


" Bersama kita kan lalui semua ini

dengan kerendahan hati



Dengan banyak perbedaan
namun kita disatukan
untuk menjadi saudara

Jangan ada paksaan
Tapi dengan kerelaan kita
Dengan sukacita

Happy.. Happy.. Kita kan lalui dengan senang hati
Happy.. Happy.. Dan b'ri senyum kanan kiri
Katakan bahwa kaulah yang terbaik

Jadilah tak terkalahkan
tapi bukan dengan kesombongan kita
Saling berpegangan tangan
kita yang dipersatukan
untuk menjadi saudara

Happy.. Happy.. Kita kan lalui dengan senang hati
Happy.. Happy.. Dan b'ri senyum kanan kiri
Kita akan menjadi sipil sejati "

Di AVT aku berdiri terus 2 jam sampe kaki sakit semua, padahal itu baru jam 8 pagi tapi dah kerasa capek. Dari AVT, siap2 rotasi ke truk, aku harus bolak-balik naik tangga dari lantai 5 ke lantai 1 buat ngecek maba ga ada yang kabur. Fiuh capeknya.. Terus aku naik mobilnya ko Andre, keamanan harus berangkat duluan supaya bisa stand-by di SKJJ dulu. Di mobil itu, Swift kecil, aku kejepit di tengah-tengah dan harus memangku kardus isi 5 toa, jadi susah nafas. Terus ko Andre nyetirnya kayak pembalap F1 deh, sampe bikin aku pusing n pengen muntah. Tapi berhubung kecapekan + ngantuk, akhirnya aku tidur. Sampai di SKJJ langsung siap2 penyisiran, pengecekan barang bawaan maba2. Pertama nyisir yang cewek, ada yang lengan bajunya pendek banget, tapi aku lihat dia sudah kena rekap keplek, jadi kasihan n ga jadi aku rekap. Terus nyisir yang cowok, ada yang bawa gayung.. Hahaha. Kena rekap deh, sambil diketawain temen-temennya, kasihan banget anaknya. Habis penyisiran, langsung jalan ke pondoknya maba buat nyuruh mereka segera balik ke aula. Nah ini susahnya jadi keamanan. SKJJ itu luas sekali, jalan dari aula ke pondok sudah cukup bikin kaki pegel, belum lagi pondoknya ada banyak. Tugasnya keamanan itu memastikan supaya maba ga telat kembali ka aula dan acara bisa berjalan tepat waktu. Keamanan butuh 2 kali muter pondok, yang pertama untuk kasih tau waktu, kedua untuk ngecek pondok sudah dikunci atau belum. Lalu setelah semua sudah di aula, acara pertama itu pengenalan panitia, diputerkan video tiap divisi n nita dapet sorakan paling dahsyat karena fotonya super keren.



Setelah acara itu, aku, tabita, yoga bertugas keliling pondok untuk ngecek kunci kamar. (1 pondok ada 7 kamar, total pondok ada 10) Waktu selesai keliling, kita ambil handbag dan barang bawaan kita sendiri dari mobil, kita bawa ke pondok. Dah sampe di pondok, langsung turun hujan deres banget, nice, kita ga bisa keluar pondok + dari bertiga, gada 1 pun yang bawa HT, jadi kita bertiga ga bakal bisa dihubungi. Hahaha. Dapet kesempatan emas kayak gitu, langsung mandi n tiduran bentar di kamar. Terus karena kasihan ama ko aron dan yang lainnya, kita bertiga akhirnya balik ke aula. Di situ kita disindir2 karena dah mandi :) terus berdiri jagain sesi di aula  sampe 3 jam'an. Lalu idaman (istirahat dan makan) waktunya Cuma 30 menit untuk ke kamar, mandi, dan ke aula. Aku dan tabita keliling pondok maba untuk ngingetin waktu, tapi tetep aja banyak yang molor. Keliling pondok kali ini sampe 3x karena maba2nya belum lengkap. Kaki yang tadinya uda lumayan, jadi pegel lagi. Acara pun jadi molor setangah jam. Terus siap2 untuk acara late night walk. Semua maba disuruh pake jas hujan. Eh tiba-tiba ada maba yang bilang kalo jas hujannya masih di kamar. OMG, jadi molor semua. Late night walk mulai, aku kebagian jaga sendirian di tengah-tengah rute pos 4 ke pos 5. Jalannya gelappp dan aku sempet merinding. Untung aku bawa HT, jadi at least ada suara-suara orang yang menemani. Di pos 4 ada game crazy chess, hehehe seru game-nya.. Lawannya ko nugroho, secara dia itu ketua UKM catur, ckck jelas ga ada yang bisa menang di pos itu. Late night-nya sempet berantakan karena ada pos yang cepet, ada yang lama, sampe 2 kelompok tunggu2an di 1 pos. Acaranya jadi molor lagi.. Setelah itu api unggun dan BBQ-an bakso + sosis, itu sudah hampir jam 12 malam, padahal harusnya jam 11 acara dah harus kelar. Harusnya 2 jam setelah sesi terakhir ada pengumpulan refleksi buat yang kena rekap, tapi akhirnya diubah jadi besok pagi karena udah terlalu malem. Sekitar jam setengah 1 pagi itu, rapat eval untuk hari pertama campjur. Banyak yang mengeluhkan kerja keamanan yang berantakan, sampe acaranya molor hampir 1 jam. Ada juga yang bilang kita kurang tegas masalah waktu. Akhirnya selesai rapat eval itu, keamanan rapat divisi di pondok. Ko aron keliatan stres berat karena banyak dikritik kanan-kiri, akirnya semua ambil keputusan:
Mulai hari kedua semua harus tegas, terlambat kena rekap tanpa toleransi. Acara keliling pondok diperbanyak lagi plus pake sirene dari toa (sebelumnya kita Cuma teriak-teriak aja).
Radiv selesai jam 2 pagi, sudah tepar luar biasa. Aku, tabita, ko aron tidur; sedangkan nita, yoga, andreas, jansen begadang jaga malem. Rasanya ga sampe 1 menit aku sudah tidur. Sekitar jam setengah 4 pagi dibangunkan sama nita, sudah waktunya keliling pondok maba. Badanku pegel dan masih ngantuk luar biasa, tapi harus melek. Siap2 cuci muka dll, bawa toa + HT + senter, kita berenam mulai jalan. Masih gelap di luar dan jalan ke pondok harus naik turun pavingnya. Nita kepleset pas turun tangga dan pergelangannya bengkak. Kayaknya dia kecapekan sampe ga konsen lihat jalan gitu. Sekitar jam 4 lebih dikit, maba2 udah pada bangun semua, dan beberapa malah udah jalan ke tempat jogging. Buru-buru kita ke pondok panitia untuk bangunin panitia. Ya ampun, panitianya pada tepar dan yang mau bangun Cuma sedikit. Padahal maba-nya dah banyak yang ngumpul di area jogging. Akirnya beberapa panitia bangun setelah diteriaki terus2an hahaha. Waktu semua sudah baris rapi, aku, tabita, ko aron keliling pondok dan kamar maba untuk ngunci kamar dan cari kamar terbersih untuk dikasih award. Sedangkan nita, yoga, andreas, jansen tidur karena mereka sudah jaga malem. Keliling pondok itu bener-bener menguras tenaga, aku setengah ga sadar sambil jalan ga jelas, dan pagi itu ga mandi juga karena ga sempat. Habis maba jogging, mereka mandi dan sesi di aula. Lagi-lagi keliling pondok untuk ngingetin waktu supaya maba2 ga telat ikut sesi. Terus aku ke aula untuk jaga pintu masuk dan nge-rekap yang terlambat, sedangkan tabita n ko aron bagian kunci pondok2. Waktu kurang 1 menit, masih banyak maba yang masih jalan santai gitu, aku teriakin juga mereka tetep jalan. Terus waktu aku countdown 10 detik, maba2 pada lomba lari dan ada yang berhasil lolos 1 detik sebelum waktunya. Sekitar 10 orang terlambat dan mereka ga boleh masuk dulu karena kena rekap. Mereka marah2 ke aku, katanya, "Lo koko yang di sana bilang masih kurang 3 menit! Kok bisa di sini udah masuk!! Yapa seh panitia ini jam'e ga sama!!" dan masih banyak omelan lainnya. Wew gada panitia lain di sekitarku, aku yang kena marah, aku jelasin ke mereka, tapi tetep aja ngeyel. Ada 1 laki yang masih marah dan dia banting2 bukunya di depanku. Sialan, aku udah capek, ngantuk, dimarahi lagi, langsung aku emosi dan aku bentak sekalian. Akirnya dia ngalah walaupun ga rela. Terus ada acara pengumpulan refleksi, kira-kira ada 100 lembar folio yang kumpul. Lanjut acara dengan ibadat pagi, masih pagi tapi sudah loyo semua badanku.. Habis itu, sarapan dan lanjut inbound. Di sini Cuma jaga rute pos aja dan liat2 game inboundnya. Ada yang honey bee's attack, spongebob time, lucu2 game-nya. Habis inbound, acara sesi2 lagi. Heboh waktu sesi yang ada ko indra n ko yudhis. Waktu itu dibacain "inilah pembicara kita. Baru saja lulus 3,5 tahun, dengan skkk 240 dan ipk 3,87 --> ko indra margo kusumo" wow maba-nya heboh bener pas denger ipk-nya segitu. Trus waktu ko yudhis lebih sangar lagi "lulus 3,5 tahun dengan skkk 211 dan ipk 3,91", maba-nya kayak melongo semua. Sayang felix suwadji ga ikutan, coba kalo ikut gitu, malah maba2 itu langsung nge-fans deh ama ipknya 3,97-3,98 itu. Ckckck. Habis sesi2, ada acara sharing per divisi, di sini tiap divisi buka pos dan sharing pengalamannya jadi panitia. 10 x sharing membicarakan hal yang sama, jadi bosen dengernya, tapi enaknya pas sesi ini kita bisa duduk, ga berdiri lagi.. Habis gitu acaranya idaman dan sesi lagi. Maba2 mulai sakit dan beberapa minta ijin tidur pas sesi karena ga kuat. Selama sesi, keamanan tetap berdiri tegak padahal kaki sudah pegel. Acara terakhir untuk hari kedua adalah talent show. Ada cerita Cinderella, 3 Little Pigs, Gadis Penjual Korek Api, dll. Yang Cinderella lucu, banyol pol.. Yang Gadis Penjual Korek Api ada 1 pemain cewek yang luar biasa pede dan lebay-nya. Hahaha, kayaknya dia juga punya bakat akting deh. Tapi keseluruhan talent shownya membosankan, aku sempet ketiduran malah. Hari kedua selesai tepat waktu jam 10, divisi keamanan dipuji2 akirnya. Malemnya ada briefing untuk outbond besok pagi dan keamanan masih nungguin pengumpulan refleksi sampe jam 12 malem. Waktu lagi nungguin refleksi, ada 1 maba cewek dateng dan bilang kalo sepatunya jebol, bener2 jebol total. Dia ga bawa sepatu lagi dan temen2nya gada yang mau minjemin sepatu. Trus dikasih alteco tapi ga kuat juga karena jebolnya parah. Akhirnya pagi-pagi sebelum outbond, Lydia minjemin sepatu buat anak itu. Kasihan masa outbond pake sandal jepit.. Malem itu waktunya aku, tabita, ko aron begadang jaga malem. Dari jam 12 sampe jam setengah 4, kita bertiga ngobrol ngalor ngidul, makan2 snack, ngecek refleksi hari itu, sempet juga ketiduran beberapa menit. Akhirnya jam setengah 4 kita bertiga siap2 bangunin panitia + maba. Pertama bangunin panitia, susahnya bukan main, sampe harus teriak-teriak lagi. Lalu bangunin maba, keliling pondok 2x pake sirene + toa. Sekitar jam setengah 5 sudah selesai keliling, balik ke pondok dulu, rencananya jam 04.45 mau keliling lagi. Aku n tabita pamit tidur 10 menit aja, trus pas bangun aku lihat jam, wow, sudah jam 11.00. hahaha. Gila, acara outbond pun sudah hampir selesai. Jadi sungkan sama ko aron, katanya aku dibanguni ga respon blas wkwk. Ya sudah, hari itu hari paling nyantai deh, bisa mandi2 n jalan2 santai. Banyak yang tanya habis dari mana kok ga keliatan, n kujawab habis bangun tidur dan banyak yang iri! Hahaha. Menurut ceritanya yoga, outbondnya lebih gila daripada tahun lalu, rutenya puanjang dan jalannya naik turun, ada acara nyebrang sungai selutut segala, sampe banyak sepatu yang rusak dan dibuang. Habis outbond, lanjut packing dan kebaktian penutup. Mungkin karena packingnya terlalu buru-buru, jadi banyak barang ketinggalan n dibacain di aula. Ada yang parah, ketinggalan kresek isinya celana dalam kotor gitu, langsung ketawa satu aula dan ga ada yang mau ngaku punya sapa itu. Ckck. Lalu award time, aku kebagian baca kategori "kamar terbersih cewek" sama melvin. Ada panitia perform, divisi keamanan tampil, ko aron main gitar + nyanyi, yang lain backing vocal aja.

Dari lagu "Ingatlah Hari Ini-Project Pop"
"Ketika rasa tak aman yang kau rasakan
Gelisah galau hati tak karuan
Ku tahu satu cara sembuhkan dirimu
Ingatlah pada kami
Don't be worry just be happy
Keamanan di sini
Divisi yang disiplin
Keamanan so pasti
S'lamanya itu kami
Jangan kau lupa pada nasihat yang kami beri
Ingatlah tuk disiplin"

Suaranya ko aron lumayan enak lo.. Wkwk
Diputerkan juga video dan foto-foto campjur tahun ini, mulai menyatu maba dan panitianya. Lalu lanjut acara foto per kelompok gitu, terus pulang surabaya! Capek + ngantuk, tapi seneng, pengalaman baru yang seru semua..

ini yel-yel performance dari kambing2


Terakhir : ini email dari ko aron

Eval overall:
Thx a lot ya reek. Kalian anak-anak yang hebat. Aku emang ga salah milih kalian. Kalian isa bangkit dari keterpurukan meski di hari pertama kita, divisi keamanan, tampil compang-camping. Kalian tetep survive sehingga kita isa berhasil di hari kedua dan ketiga. Aku ngrasa beruntung punya anak-anak kayak kalian…^^

Eval Personal:
Sis !! Hohohohoho…..
Cerita dulu ya sis. Pas pemilihan anak, kamu anak kedua yang tak pilih sis. Coz aku mau anak yang bisa berpikir dengan cepet dan ngambil keputusan dengan kepala dingin dan ga nunjukin muka bingung kalo ditanya peserta. Jujur, aku belum kenal mbe kamu pas pemilihan anak sis. Tapi, menurut info dari koor-koor, mereka bilang kalau kamu ini anak sing punya criteria sing aku ajuin.
Selama tiga hari ini, ternyata info yang aku dapet dari koor-koor bener sis. Menurutku, kamu satu-satu e anggota divisi keamanan yang selalu terlihat tenang tapi tetep mikir wkt nghadepi masalah yang numpuk. Hal itu pula yang buat aku ga ragu buat ngasik tugas kamu sendirian di aula. Wkt itu kamu yang tak kasik tugas ngrekap anak-anak yang telat.
Kamu juga termasuk orang yang mau belajar dari masukan-masukan orang laen sis. Terbukti pas raval hari pertama, kamu termasuk satu anggota divisi keamanan yang ga emosi dan tenang (entah itu karena ngantuk ato ga). Perubahan mu juga terlihat di hari kedua dan ketiga.
Kamu juga orang yang sigap sis. Semua tugas sebagai anggota keamanan kamu lakuin dengan SEMPURNA !!!
Tapi ada kekurangan di kamu sis. Menurutku, kamu kurang berani ngomong di depan peserta. Kamu terkesan malu-malu di depan peserta. Pesenku, lebih berani lagi ya sis ngomong di depan orang banyak. Buat rileks dan santai kalau ngomong di depan banyak orang. Coz kalau kamu gugup, maka orang akan kurang merhatiin kamu.
Terakiir sis… Thx lagi ya sis uda bersedia mbantu aku. Tanpa kamu, aku ga mungkin mampu berdiri di depan peserta selama tiga hari sebagai koor keamanan. Tanpa kamu, divisi keamanan ga mungkin isa berbenah di hari kedua dan ketiga.. ^^

1 comment:

Elliana said...

;) kerenn.. seru pol pstii..
wkakaka
:P