Thursday, February 24, 2011

Kamera Lubang Jarum

Berhasil membuat dengan cukup baik, akhirnya berhasil dicuci-cetak setelah habis 3 roll film @ 36 pcs.

Special thanks to:

Di sana dibahas rinci alat dan bahan membuat kamera lubang jarum, sampe cara kerjanya. Tapi ternyata ga mudah untuk menemukan kaleng roll film kosong (akhirnya ketemu di Jalan Kranggan). Ga mudah juga untuk membuat kamar gelap seolah di kamera sungguhan. Ga mudah untuk mengatur cahaya yang masuk dengan kamera sederhana seperti itu. Ga mudah untuk melindungi roll film dari cahaya. Ckckck.

Seru juga percobaan kali ini, bertanya terus-terusan ke mas-mas yang ada di fuji-film. Tanya sifat-sifat film, jenis film (ASA 200, ASA 400, dll), penyimpanan roll film, dll. Lumayan, jadi nambah sedikit pengetahuan.

Urut-urutan membuat kamera lubang jarum (11 Feb 2011-23 Feb 2011) :
- Cari bahan2 untuk kamera lubang jarum, sesuai dengan yang ada di link situs di atas. Kotak korek api, roll film baru, roll film kosong, isolasi kabel, gunting, isolasi bening, kaleng Pocari Sweat untuk lubang shutter, spidol hitam.
- Harga roll film baru ASA 200 itu beragam. Di Fuji Film Rp 26.000, Foto Modern Rp 25.000, tapi di Mulyosari ada yang Rp 16.500. Ya sudah akhirnya beli di sana 2 roll film.
- Kamera lubang jarum pertama :


- Mulai motret2, dengan shutter dibuka kira-kira 15-20 detik.
- Roll film dicucikan, dan hasilnya 0 besar. Hahaha. Filmnya ga terbakar, tapi terlalu lama buka shutternya jadi cahaya terlalu banyak. Dari 36 isi filmnya, jadi hanya bisa motret 17 kali, karena salah perhitungan waktu muter filmnya. Dan dari 17 film itu, cuma ada 2-3 yang kelihatan gambarnya. Karena ga terlalu berhasil, roll film itu ga dicetak.
- Bikin kamera lubang jarum kedua. Tidak pakai kotak korek api lagi, karena kartonnya terlalu tipis dan mudah rusak. Jadi beli karton hitam dan dibuat balok 5 cm x 2,5 cm x 4 cm (ukurannya kira-kira aja). Lalu ukuran lubang untuk filmnya 2,7 cm x 2,7 cm (kira-kira juga).
- Kamera lubang jarum kedua :

- Mulai motret2 lagi, shutter dibuka 5 detik aja supaya hasilnya kelihatan.
- Roll film dibawa ke FujiFilm untuk dicucikan, ehh ga lama kemudian dikabari kalo aku salah muter roll filmnya, aku terbalik waktu nempelkan roll filmnya, jadi salah mulai awal. 1 roll film terbuang sia-sia.
-Beli lagi roll film yang baru, bikin lagi kameranya. Kali ini ga boleh salah lagi nempelkan filmnya. Setelah motret2, roll filmnya dicucikan dan hasilnya ada 10 gambar yang lumayan bagus.
- Ini beberapa aku scan :

4 comments:

Anonymous said...

Kk Klo Bleh Tw Cuci 1 Roll Film Brapa ???
Kra" Ada 10 Foto ... !!!!

Sisca said...

kalo cuci aja tanpa cetak ya sekitar 10.000-15.000 per 1 rol film. kalo misal mau cuci 10 foto aja, harganya sama aja, jadi mending cuci sekalian semua..

Ahmad Shohibus Sulthoni said...

itu kok gambarnya gak fokus?

Sisca said...

iya memang fokus kamera lubang jarum tergantung seberapa besar lubangnya. semakin kecil lubangnya, cahaya yang masuk semakin bisa dikontrol sehingga makin fokus.

Lagipula kamera lubang jarum memang kamera SANGAT SEDERHANA SEKALI. Bisa menghasilkan gambar seperti itu, menurut saya pribadi sudah sangat bagus.