Wednesday, January 30, 2013

Pengalaman TA - Part 1


WARNING : Post ini bisa jadi membosankan dan atau melelahkan untuk dibaca :)
Maaf kalau sudut pandang tulisan ini terlalu berfokus padaku HAHAHA

Semester 7 sudah berlalu. Seperti biasa, aku tuliskan review untuk semester terakhir ini.
Dimulai dari berakhirnya UAS semester 6, aku dan Liske segera menyelesaikan Tugas Beton supaya bisa segera dinilai Pak Soehendro. Senin, 18 Juni 2012 adalah hari penilaian Tugas Beton itu sekaligus hari pertama masuk Magang. Tidak ada libur semester'an sama sekali. Yey. Hari-hari pertama magang cukup melelahkan. Pergi pagi, liat laptop seharian, pulang sore, begitu setiap hari, benar-benar melelahkan. Perjalanan rumah-kantor sekitar 15-16 km, waktu tempuh 1 jam, dan tiap pulang sore hampir selalu kena macet. Bayangkan ketika sampai rumah, rasanya badan ini sudah tepar, mata pengen merem terus, dan serasa kehabisan tenaga tiap kali pulang magang. Aku harus beradaptasi dengan cepat, apalagi semester terakhir ini ada skripsi a.k.a. Tugas Akhir (TA). Untungnya Tugas Akhir ini aku ber-partner lagi sama Liske, yang juga magang di tempat yang sama, jadi kalau mau kerja TA bisa langsung kerja juga di tempat magang. Selanjutnya dalam post ini aku akan cerita tentang TA saja ya, karena kalau cerita tentang magang juga, takutnya ga enak sama nama-nama perusahaan/proyek yang terlibat hehehe.

Di Jurusan Program Studi Teknik Sipil ini, TA boleh dikerjakan sendirian atau 2 orang. Kalau cerdas sih harusnya ya milih kerja berdua aja, soalnya bisa saling tukar pikiran dan saling melengkapi satu sama lain :p Seperti biasa, partnerku ya tetap Liske Widjojo, dari jaman Tugas Baja & Tugas Beton. Thankyou ya Lis masih isa partner'an sampe TA :)

Judul TA :
Kritisi Desain Pseudo Elastis pada Bangunan Beraturan 6- dan 10-Lantai dengan Denah (Persegi/Persegi Panjang) di Wilayah (2/6) Peta Gempa Indonesia

NB : Judul TA ini adalah judul TA terakhir dan paling fix setelah berubah 3x. Adakah yang bertanya-tanya, kenapa judul TA bisa sampai berubah 3x?? Temukan jawabannya nanti dalam ceritaku.

Lihat judul TA di atas baik-baik. Ada tanda kurung (...) kan? Yang mengambil judul TA ini ada 4 kelompok, sehingga mau ga mau dipecah berdasarkan bentuk denah bangunan dan wilayah gempa.

Cast :
Sisca-Liske ® denah persegi panjang di wilayah gempa 2
     (duo melankolis + duo Scorpio)

Sherly-Aei Li ® denah persegi di wilayah gempa 6
     (duo plegmatis + duo Capricorn)

Jimmy-Kopa ® denah persegi panjang di wilayah gempa 6
     (duo plegmatis + duo Libra)

Yuli-Fafa ® denah persegi di wilayah gempa 2
     (duo koleris + duo keras kepala :p)

Dosen pembimbing :
  1. Pak Ben
  1. Bu Ima

Dosen penguji :
  1. Pak Pamuda
  1. Pak Hasan

Flashback 22-6-2012 :
Hari itu sudah janjian ketemu sama Pak Ben, bareng sama Jimmy-Kopa. Kami berempat minta pendapat Pak Ben tentang topik TA apa yang bisa diambil, sekaligus minta tolong Pak Ben jadi dosen pembimbing. Pak Ben menawarkan 3 pilihan topik (seingatku) :
  1. Kecukupan nilai overstrength factor untuk desain kolom
  1. Sistem outrigger
  2. Persentase kolom elastis sebagai tube
Masing-masing punya tingkat kesulitan yang lumayan. Kami berempat diskusi dulu, mau pilih yang mana. Untuk topik kedua dan ketiga, Pak Ben sudah bilang kalau topik itu agak sulit dan butuh pengerjaan yang lumayan lama. Akhirnya kami putuskan pilih topik pertama mengenai kecukupan nilai overstrength factor untuk kolom dengan alasan topik itulah yang masih bisa kami mengerti saat itu.  "Masih bisa mengerti" di sini adalah karena kami mengerti tujuan penelitiannya akan menghasilkan suatu angka overstrength yang aman. Sementara itu, pada topik kedua dan ketiga, kami sama sekali blur tentang pengerjaan penelitian.

Flashback 25-6-2012 :
Kami berempat memberitahu Pak Ben tentang pilihan topik yang kami ambil, tapi kelihatannya Pak Ben kurang suka dengan topik pertama. Kami juga membawa banyak referensi dari internet tentang nilai overstrength factor dalam code-code peraturan di negara lain. Dan kami juga banyak bertanya tentang overstrength yang biasanya dipakai dalam praktik lapangan. Aku masih ingat sekali saat itu Pak Ben langsung bilang, "Lho kalian ini belum melakukan penelitian tapi sudah banyak tanya. Harusnya kalian itu belajar mandiri, cari jawaban sendiri, jangan sedikit-sedikit tanya ke saya."

Flashback 29-6-2012 :
Hari itu ada pertemuan antara dosen pembimbing dengan mahasiswa yang mengambil TA. Ternyata ada 2 kelompok Struktur yang belum dapat topik TA yaitu Fafa-Yuli dan Sherly-Aei Li. Nah, masalahnya dosen pembimbing Struktur yang bisa membimbing TA semester ini cuma Pak Ben dan Bu Ima. Aku ga seberapa ingat bagaimana prosesnya, eh tiba-tiba Pak Ben ngasih usulan 2 kelompok yang belum dapat topik dicampur sama aku-Liske dan Jimmy-Kopa. Dan topik yang masuk akal supaya bisa dibikin 4 kelompok adalah topik Pseudo elastis. Duh langsung kepala ini puyeng, Pseudo elastis itu metode apa lagi?? Bu Ima juga bilang, kami berempat percuma kalau tetap ambil topik overstrength, karena topik itu sudah banyak diteliti oleh orang lain. Ya sudah, akhirnya kita ambil topik Pseudo elastis dengan judul awal TA : Kecukupan Jumlah Kolom Elastis dalam Desain Pseudo Elastis pada Bangunan Beraturan 6- dan 10-Lantai dengan Denah (Persegi/Persegi Panjang) di Wilayah (2/6) Peta Gempa Indonesia.

Flashback 9-7-2012 :
Sudah ditetapkan jadwal asistensi tiap hari Senin jam 8 pagi. Tapi yang datang hari itu cuma aku, Liske, Jimmy, Kopa, Aei Li. Ternyata Fafa ikut COP, baru balik Surabaya tanggal 17 Juli; Yuli pulang kampung ke Kediri; Sherly jalan-jalan ke Taiwan.
Bu Ima : "Lho, kok sedikit ini yang datang? Yang lainnya ke mana?"
Kami : ....
Pak Ben : "Ini niat ambil TA atau ga? Kalau ga niat, mending ga usah ambil TA sekarang."
Kami : ....
Bu Ima : "Ya sudah, kalian pelajari dulu aja skripsi-skripsi lama. Coba urutkan dulu penelitian Pseudo elastis sebelumnya, baru Senin depan kita diskusi lagi."

Akhirnya hari itu kami berlima pergi ke perpustakaan dan bikin catatan mengenai "sejarah" penelitian Pseudo elastis. Keren lho, topik ini sudah ada sejak 1993, dan sampai tahun 2011 sudah ada 27 penelitian tentang Pseudo elastis, dan tahun ini kami menambahkan 4 judul Pseudo elastis lagi HAHAHA

bersambung ke Part 2 ya :)

No comments: